RATUSAN MAHASISWA DAN GURU KOTA PALU HADIRI SEMINAR NASIONAL BERTAJUK PEMBELAJARAN BERBASIS ICT

Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako, kembali menggelar Seminar Nasional yang bertajuk pembelajaran matematika berbasis ICT. Dalam seminar nasional menghadirkan salah seorang pakar ICT yang berasal dari Universitas Wollongong, Australia yakni Dr. Anne Porter. Kegiatan ini dilaksanakan di Media Centre Universitas Tadulako pada 07 September 2015.

Pelaksanaan seminar nasional menjadi sebuah kegembiraan bagi institusi Universitas Tadulako, kata Prof. Merry Napitupulu, M.Sc, P.hD, saat menyampaikan sambutannya sekaligus membuka kegiatan tersebut. Selaku wakil rektor bidang pengembangan dan kerjasama UNTAD, beliau turut mengapresiasi kerja keras panitia dalam melaksanakan seminar nasional.
Seminar nasional Pendidikan matematika ini telah dilaksanakan untuk ketiga kalinya. Tahun ini menghadirkan tiga pembicara yakni Prof. H. Yaya S. Kusumah, Ph.D (Guru Besar Universitas Pendidikan Indonesia) , Dr. Rusli, M. Si (Direktur ICT Universitas Negeri Makasar) dan Dr. Anne Porter (Asssociate Proffesor of Wollongong, Australia). Agenda utama dari seminar nasional ini adalah diskusi yang dipandu oleh moderator. Pertama, pemaparan materi dari Dr. Anne Porter tentang efektivitas penggunaan e-learning. Kedua, pemaparan materi dari Dr. Rusli, M.Si tentang pembelajaran e-learning pada generasi Abad 21. Terakhir, pemaparan materi dari Prof. H. Yaya S. Kusumah, Ph.D tentang pembelajaran berbasis ICT dalam meningkatkan kemampuan matematis siswa.

Dalam pemaparan materinya Dr. Rusli, M.Si menyatakan bahwa “guru sebagai aktor utama dalam pembelajaran tentunya dituntut untuk memaksimalkan potensinya untuk membelajarkan siswanya melalui pemanfaatan perkembangan teknologi dan komunikasi, pilihannya dapat berupa pembelajaran yang memaksimalkan penggunaan media komputer melalui intranet maupun internet yang dikenal dengan istilah e-learning”. Hal senada juga diungkapkan oleh Prof. H. Yaya S. Kusumah, M.Sc, Ph.D bahwa e-learning memiliki keunggulan komparatif, karena dalam pengajaran beberapa konsep yang mungkin amat sulit jika disampaikan secara manual, menuntut tingkat ketepatan yang amat tinggi, memerlukan banyak sekali pengulangan (repetisi), dan memerlukan latihan eksplorasi konsep bagi siswa.

Seminar nasional pendidikan matematika ini dihadiri oleh mahasiswa dan guru SMP/SMA se-kota Palu. Melalui kegiatan ini diharapkan dapat membuka wawasan bagi para guru dan mahasiswa sebagai calon guru mengenai pemanfaatan e-learning dalam pembelajaran matematika, ungkap Dr. Dasa Ismaimuza, M.Si selaku ketua panitia pelaksana seminar nasional pendidikan matematika. (APL)

Workshop Pembelajaran Berbasis ICT 2015, Guru Kota Palu Wajib Melek IT

Salah satu rangkaian kegiatan seminar nasional pendidikan matematika adalah diadakannya workshop tentang pembelajaran Berbasis ICT, yang digelar di Ruang Senat Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako pada 08 September 2015. Kegiatan yang diikuti oleh guru-guru dari 12 sekolah yang ada di Kota Palu, membahas tentang cara membuat desain e-learning. Dr. Anne Porter (Associate Professor of Wollonggong, Australia) menjadi tutor dalam kegiatan tersebut dan dipandu oleh seorang moderator yakni Maman Faturahman, Ph.D.

Pesatnya kemajuan teknologi akan berdampak pada inovasi dalam pembelajaran. Hal inilah yang menjadi menjadi sebuah tantangan bagi para guru. Penggunaan teknologi komputer merupakan salah satu contoh pemanfaatan ICT dalam suatu pembelajaran. Penerapan ICT dalam pembelajaran dapat dijadikan sebagai upaya membangun motivasi siswa dalam belajar. Adanya workshop pembelajaran ICT ini dapat menjadi ruang bagi guru khususnya yang berada di Kota Palu, untuk meningkatkan profesionalitasnya dalam mengajar. Selain itu, hal yang paling penting adalah kemauan guru dalam meningkatkan skill penggunaan program-program komputer yang menunjang dalam menerapkan pembelajaran berbasis ICT.

Peringati HARDIKNAS, HIMAPTIKA Menggelar Lomba Cepat Tepat Matematika SMP/MTs Se-Kota Palu

Lomba Cepat Tepat Matematika (LCTM) tingkat SMP/MTs Se-Kota Palu 2014 yang digelar oleh Himpunan Mahasiswa Pendidikan Matematika (HIMAPTIKA) FKIP – Universitas Tadulako mulai dilaksanakan pada Jumat, 09 Mei 2014 di Graha Pemuda KNPI Sulawesi Tengah. Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional (HARDIKNAS). LCTM SMP/MTs 2014 ini merupakan ajang bagi para pelajar tingkat SMP/MTs untuk menyalurkan kemampuan mereka dalam bidang matematika melalui sebuah kompetisi yang telah menjadi kegiatan rutinitas tahunan mahasiswa HIMAPTIKA.

Kegiatan yang bertajuk “Clever Inside, Great Outsite” dibuka secara resmi oleh Gubernur Provinsi Sulawesi Tengah yang diwakili oleh Staf Ahli Gubernur Bidang Pemerintahan. Dalam sambutannya, beliau mengatakan bahwa “ajang ini menjadi gerakan untuk mencintai pelajaran matematika. Selain itu, ajang LCTM SMP/MTs ini bisa menjadi pendorong semangat bagi para pendidik untuk lebih meningkatkan mutu mendidik bagi para anak didik mereka”, jelas beliau. Dalam acara pembukaan LCTM SMP/MTs 2014 ini dihadiri oleh Perwakilan dari Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan yakni Idrus Ishak. “Kegiatan Lomba Cepat Tepat Matematika ini merupakan salah satu upaya peningkatan mutu pendidikan, selain upaya yang telah dilakukan oleh pemerintah”, jelas Idrus.

Sebanyak 22 tim dari 19 sekolah asal Kota Palu akan siap bertarung dalam ajang bergengsi tahunan yang rencananya akan digelar mulai 09-21 Mei 2014. SMPN 1 Palu, SMPN 19 Palu, dan SMPN 1 Marawola adalah tiga sekolah yang mengawali pertandingan pada tahap penyisihan 1.Setelah melewati persaingan yang begitu sengit, akhirnya SMPN 1 Palu dan SMPN 1 Marawola berhasil maju di tahap selanjutnya, yakni tahap perempat final. APL.

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA SUKSES MENGGELARKULIAH UMUM 2014

Kuliah Umum yang bertajuk Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) Guru untuk Mendukung Implementasi Kurikulum 2013 akhirnya sukses digelar olehProgram Studi Pendidikan Matematika pada Jumat, 25 April 2014 di Auditorium UniversitasTadulako. Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Wakil Dekan III Fakultas Keguruan danIlmu Pendidikan, yakni Drs. Jamaludin,M.Si. Sebanyak 430 peserta baik dari mahasiswa,dosen maupun guru memadati ruangan untuk menerima materi dari Prof. Dr. Rer. nat.Widodo,MS. Narasumber yang saat ini tengah menjabat sebagai Kepala PPPPTK Matematika memaparkan materinya selama 2 jam. Dalam pemaparan materinya, beliau mengatakan bahwa “strategi mengajar sesuai kurikulum 2013 berorientasi pada karakteristik kompetensi”. “Sikap diajarkan melalui menerima, menjalankan, menghargai, menghayati, dan mengamalkan”, tambahnya. Dosen Jurusan Matematika FMIPA Universitas Gadjah Mada ini juga sempat memutarkan sebuahvideo yang berupa cara memberikan pemahaman kepada siswa tentang konsep barisan dan deret. Kegiatan yang diketuai oleh Drs. Gandung Sugita, M.Si berakhir pada pukul 16:30WITA. Kuliah umum ini ditutup dengan penyerahan cendera mata dari pihak Program StudiPendidikan Matematika, Dr. Dasa Ismaimuza. M.Si kepada Prof. Dr. Rer. nat. Widodo,MS.

6 Mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika Mengikuti Seleksi Tahap II ON MIPA PT 2014 di Makasar

Tahun 2013 lalu Program Studi Pendidikan Matematika berhasil meloloskan 6 mahasiswa di ajang ON MIPA PT 2013 tingkat regional. Tahun ini, Program Studi Pendidikan Matematika kembali mengantongi prestasi di ajang ON MIPA PT 2014 tingkat regional. Enam Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika, Sukri, Destria Pitaloka Pertiwi, Melati Putri, Wahyu Listanto, Miftha Huljannah dan Ana P. Lestari bertolak ke Makasar pada 20 April 2014 untuk mengikuti seleksi tahap II Olimpiade Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Perguruan Tinggi (ON MIPA PT) 2014. Kegiatan ini berlangsung selama dua hari bertempat di Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen (STIM) –LPI. Sebanyak 6 Perguruan Tinggi Negeri dan 12 Perguruan Tinggi Swasta terdaftar sebagai peserta seleksi tahap II ON MIPA PT 2014.

Kegiatan ini secara resmi dibuka oleh Dr. H. Ibrahim, MM selaku koordinator Kopertis Wilayah IX. Dalam sambutannya beliau mengatakan bahwa tahun 2014 ini terjadi peningkatan jumlah peserta ON MIPA PT yang cukup signifikan dari tahun sebelumnya. Acara pembukaan ON MIPA PT Kopertis IX dihadiri oleh Prof. Dr. Rer. Nat Indrina Krisnawati selaku Juri Nasional.”Harapan saya kalian mengikuti ON MIPA ini dengan sungguh – sungguh, karena bila kalian berprestasi maka pekerjaan yang akan menanti kalian, ungkap Prof. Indrina. Indonesia masih banyak memerlukan ilmuan – ilmuan terutama untuk riset dan penelitian, tambahnya. Peserta seleksi tahap II ON MIPA PT ini akan dipilih Juara I dan II berdasarkan grade dari masing – masing bidang ilmu untuk mengikuti seleksi tahap III, yang nantinya akan diikuti oleh 250 mahasiswa se- Indonesia. Seleksi tahap II ON MIPA PT ini dilaksanakan selama dua hari. Khusus Bidang ilmu matematika, pada hari pertama 21 April 2014 Pkl. 09:00 – 13:30 mengkuti seleksi untuk materi Analisis Real dan Kombinatorika. Kemudian pada hari berikutnya dilanjutkan dengan seleksi untuk materi Analisis Kompleks, Struktur Aljabar, dan Aljabar Linier. “Menurut saya, setiap tahunnya tingkat kesukaran soal olimpiade itu meningkat. Namun saya dan teman – teman tetap optimis bisa mengerjakan soal dengan baik”, ungkap Sukri (2010) yang pada tahun sebelumnya juga lolos seleksi tahap II ON MIPA PT 2013. Saat ditemui jurnalis website prodi Pendidikan Matematika, Wahyu Listanto (2011) mengatakan bahwa “bersyukur bisa menjadi salah satu perwakilan Universitas Tadulako di Ajang ON MIPA PT 2014 ini, mudah – mudahan dari UNTAD juga ada yang bisa lolos di tahap nasional”, tambahnya penuh harap. (APL).