KRITERIA 1 (VISI, MISI, TUJUAN, DAN STRATEGI (VMTS)

Visi Keilmuan PSPM

Menjadi penyelenggara Pendidikan Matematika yang inovatif berlandaskan pada teori pembelajaran konstruktivis.

Tujuan PSPM

Menghasilkan calon guru matematika, asisten peneliti bidang pendidikan matematika, dan wirausahawan bidang kependidikan matematika yang memiliki karakteristik:

  1. Mampu menggunakan pengetahuan, keterampilan dan kompetensinya di bidang pedagogik dan Pendidikan matematika dalam menjalankan tugas profesinya berwawasan lingkungan hidup.
  2. Individu dengan sikap pembelajar sepanjang hayat dan mampu mengembangkan diri melalui Pendidikan formal maupun informal melalui studi pascasarjana, penelitian dan kegiatan pelatihan professional pada lingkup nasional dan internasional.
  3. Bertanggungjawab dalam pekerjaannya dan menjunjung tinggi etika profesinya

Strategi Pencapaian Tujuan PSPM

1. Menghasilkan calon guru matematika yang inovatif dan mampu melaksanakan pembelajaran berlandaskan teori konstruktivisme serta berwawasan lingkungan hidup.
Strategi PencapaianIndikator
a) Melaksanakan pembelajaran interaktif, kolaboratif dan inovatif serta berorientasi pada lingkungan hidupPresentasi matakuliah yang dikaitkan dengan lingkungan hidup
b) Menggunakan pendekatan case method dan team-based project sebagai sebagian bobot evaluasiPersentase mata kuliah yang menggunakan metode pembelajaran pemecahan kasus (case method) atau pembelajaran kelompok berbasis projek (team-based project) sebagai sebagian bobot evaluasi.
c) Mendorong mahasiswa mengikuti pertukaran pelajarJumlah mahasiswa yang mengikuti pertukaran pelajar
2. Menghasilkan asisten peneliti bidang pendidikan matematika yang mampu mempublikasikan karya di tingkat nasional dan internasional.
Strategi PencapaianIndikator
a) Melibatkan mahasiswa dalam kegiatan penelitian dan pengabdian dosen.Jumlah mahasiswa yang telibat dalam penelitian dosen
b) Melaksanakan kegiatan berskala nasional dan internasionalJumlah seminar nasional/internasional
c) Melaksanakan pelatihan karya tulis ilmiahJumlah kegiatan pelatihan karya tulis ilmiah
d) Mendorong mahasiswa mempublikasikan karya pengembangan keilmuan pendidikan matematikaJumlah publikasi mahasiswa pada jurnal nasional/internasional
e) Menyelenggarakan kolaborasi riset, penulisan publikasi, konferensi nasional dan internasionalJumlah seminar nasional/internasional
f) Membuat dan melaksanakan kesepahaman kerjasama dengan mitra dalam bidang pendidikan, penelitian, pengabdian masyarakat, dan pengembangan SDMJumlah penelitian kerjasama dengan mitra
3. Menghasilkan wirausahawan bidang kependidikan matematika yang inovatif.
Strategi PencapaianIndikator
a) Mengadakan matakuliah kewirausahaan secara teori dan praktikJumlah matakuliah pendukung kewirausahaan
b) Mendorong mahasiswa mengikuti kegiatan/kompetisi kewirausahaan.Jumlah mahasiswa mengikuti seminar kewirausahaan
c) Mendorong mahasiswa mengikuti magang kewirausahaanJumlah mahasiswa berwirausaha