Kebijakan
Visi Keilmuan PSPM
Menjadi penyelenggara Pendidikan Matematika yang inovatif berlandaskan pada teori pembelajaran konstruktivis.
Tujuan PSPM
Menghasilkan calon guru matematika, asisten peneliti bidang pendidikan matematika, dan wirausahawan bidang kependidikan matematika yang memiliki karakteristik:
Strategi Pencapaian Tujuan PSPM
1. Menghasilkan calon guru matematika yang inovatif dan mampu melaksanakan pembelajaran berlandaskan teori konstruktivisme serta berwawasan lingkungan hidup. | |
Strategi Pencapaian | Indikator |
a) Melaksanakan pembelajaran interaktif, kolaboratif dan inovatif serta berorientasi pada lingkungan hidup | Presentasi matakuliah yang dikaitkan dengan lingkungan hidup |
b) Menggunakan pendekatan case method dan team-based project sebagai sebagian bobot evaluasi | Persentase mata kuliah yang menggunakan metode pembelajaran pemecahan kasus (case method) atau pembelajaran kelompok berbasis projek (team-based project) sebagai sebagian bobot evaluasi. |
c) Mendorong mahasiswa mengikuti pertukaran pelajar | Jumlah mahasiswa yang mengikuti pertukaran pelajar |
2. Menghasilkan asisten peneliti bidang pendidikan matematika yang mampu mempublikasikan karya di tingkat nasional dan internasional. | |
Strategi Pencapaian | Indikator |
a) Melibatkan mahasiswa dalam kegiatan penelitian dan pengabdian dosen. | Jumlah mahasiswa yang telibat dalam penelitian dosen |
b) Melaksanakan kegiatan berskala nasional dan internasional | Jumlah seminar nasional/internasional |
c) Melaksanakan pelatihan karya tulis ilmiah | Jumlah kegiatan pelatihan karya tulis ilmiah |
d) Mendorong mahasiswa mempublikasikan karya pengembangan keilmuan pendidikan matematika | Jumlah publikasi mahasiswa pada jurnal nasional/internasional |
e) Menyelenggarakan kolaborasi riset, penulisan publikasi, konferensi nasional dan internasional | Jumlah seminar nasional/internasional |
f) Membuat dan melaksanakan kesepahaman kerjasama dengan mitra dalam bidang pendidikan, penelitian, pengabdian masyarakat, dan pengembangan SDM | Jumlah penelitian kerjasama dengan mitra |
3. Menghasilkan wirausahawan bidang kependidikan matematika yang inovatif. | |
Strategi Pencapaian | Indikator |
a) Mengadakan matakuliah kewirausahaan secara teori dan praktik | Jumlah matakuliah pendukung kewirausahaan |
b) Mendorong mahasiswa mengikuti kegiatan/kompetisi kewirausahaan. | Jumlah mahasiswa mengikuti seminar kewirausahaan |
c) Mendorong mahasiswa mengikuti magang kewirausahaan | Jumlah mahasiswa berwirausaha |