KUNJUNGAN PENGURUS HIMAPTIKA FKIP –UNTAD DALAM RAPIMNAS DAN LKMM TM 2014 DI MATARAM

HIMAPTIKA1

Ketua Himpunan Mahasiwa Pendidikan Matematika (HIMAPTIKA) FKIP-UNTAD Wahyu Listanto dan Pranda Eboni Darman sebagai Sekretaris HIMAPTIKA bertolak ke Mataram pada Minggu 2 Maret 2014 untuk menghadiri kegiatan Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) dan Latihan Keterampilan Manajemen Mahasiswa tingkat Madya (LKMM TM) yang digelar oleh IKAHIMATIKA pada 3-5 Maret 2014.

Kegiatan Rapimnas dan LKMM TM ini dihadiri oleh mahasiswa yang merupakan perwakilan dari tiap wilayah di Indonesia. Untuk Kota Palu yang termasuk dalam Wilayah VI, selain dari HIMAPTIKA FKIP – UNTAD kegiatan Rapimnas dan LKMM TM dihadiri pula oleh Ardi Bolomba selaku Koordinator Wilayah VI dan Suwito yang keduanya merupakan mahasiswa FMIPA UNTAD.

Saat ditemui awak website Prodi Pendidikan Matematika FKIP UNTAD, Wahyu Listanto mengungkapkan bahwa kegiatan Rapimnas dan LKMM TM ini dirangkaikan dengan seminar nasional yang bertemakan “Membumikan Matematika dalam Peradaban Manusia”. seminar nasional tersebut dilaksanakan di Auditorium Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kampus I Mataram pada 3 Maret 2014. Setelah mengikuti kegiatan seminar nasional, dilanjutkan dengan kegiatan Latihan Keterampilan Manajemen Mahasiswa tingkat Madya di Asrama Haji. Kegiatan LKMM TM bertujuan untuk mengupgrade kemampuan pengelolaan organisasi oleh anggota IKAHIMATIKA Indonesia dan membentuk pemimpin yang tangguh, berkualitas dan bertanggungjawab.

Rapat Pimpinan Nasional dan LKMM TM tahun 2014 ini mengusung tema “Satukan Hati, Satukan tekad Menuju IKAHIMATIKA Indonesia yang berkualitas. Dalam Rapat Pimpinan Nasional membahas empat hal yakni:

1. Mengevaluasi program – program kerja dan kepengurusan IKAHIMATIKA Indonesia,

2. Pembahasan kaderisasi IKAHIMATIKA Indonesia,

3. Perencanaan amandemen AD/ART IKAHIMATIKA Indonesia

4. Fiksasi Konrgres Nasional IKAHIMATIKA Indonesia yang ke-XII.

“Hal yang menarik dalam kegiatan Rapimnas dan LKMM TM ini adalah para peserta diberikan kesempatan untuk mengunjungi berbagai Universitas yang ada di Mataram seperti Universitas Negeri Mataram, Universitas Muhammadiyah Mataram, dan Instititut Agama Islam Negeri Mataram”, ungkap Pranda. “Kunjungan para peserta Rapimnas dan LKMM TM ini mendapat sambutan hangat dari para dosen di Universitas yang mereka datangi,” tambahnya.

“Pengalaman seru yang kami dapatkan saat berkunjung di Institut Agama Islam Negeri Mataram adalah ketika kami diberi kesempatan untuk melihat laboratorium komputer dan matematika. Di dalam lab matematika dan komputer terdapat berbagai alat peraga matematika dan program-program matematika yang merupakan hasil karya mahasiswa jurusan pendidikan matematika IAIN dan dimanfaatkan sebagai media pembelajaran matematika. Jadi disana laboratoriumnya benar-benar difungsikan untuk praktikum dan tidak digunakan untuk aktivitas kuliah lainnya”tutur Wahyu.

“Selain berkunjung ke Universitas yang ada di Mataram, para peserta dan panitia Rapimnas dan LKMM TM serta Ketua Jurusan Pendidikan Matematika IAIN berkunjung ke museum, pantai Gilitrawangan, dan pantai Senggigi,” ungkap Pranda. Wahyu menambahkan bahwa selama mengikuti kegiatan Rapimnas dan LKMM TM ini mendapat suntikan inspirasi salah satunya adalah solidaritas dari para panitia kegiatan tersebut yang berasal dari tiga universitas yang berbeda. Harapannya bisa tertular bagi teman – teman pengurus HIMAPTIKA FKIP UNTAD agar bisa menjalankan proram – program kerja secara maksimal dengan rasa penuh tanggung jawab dan solid dalam kerja tim”,jelas Wahyu . APL



Share article on

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *