“Meningkatkan Profesionalitas Guru di Hari Guru”

Di hari Guru pada tahun ini, Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Tadulako menyambutnya dengan mengadakan kegiatan besar yakni Seminar Nasional ke-5 Pendidikan Matematika dan Workshop, serta peresmian purnabakti oleh  dosen Pendidikan Matematika sebagai bentuk apresiasi atas kinerja selama menjadi tenaga pengajar di Program Studi Pendidikan Matematika FKIP UNTAD. Tema yang diusung pada Seminar dan Workshop kali ini yaitu ‘Mewujudkan Guru Matematika Yang Profesional Melalui Integrasi, Pengetahuan Isi Matematika Dengan Pengetahuan Pedagogik’.

Peserta yang hadir pada kegiatan ini sebanyak 250 orang yang terdiri dari mahasiswa S1, S2, Guru-guru, para dosen aktif, dosen pensiunan Pendidikan Matematika serta turut pula hadir Warek 1 Universitas Tadulako dan Dekan FKIP universitas tadulako. Pemateri yang dihadirkan dalam kegiatan ini merupakan dosen andal dari Universitas Pendidikan Indonesia dan Universitas Negeri Malang.

            Kegiatan yang dilangsungkan pada hari Sabtu 25 November 2017 pukul 09:00 WITA bertempat di Aula Pasca Sarjana Universitas Tadulako ini di dibuka secara resmi oleh Wakil Rektor 2 bidang Kemahasiswaan. Ketua Panitia pelaksana dalam laporannya menyampaikan bahwa kegiatan ini diadakan dengan harapan dapat menciptakan guru matematika yang profesional dalam proses mengajar nantinya.

Adapun Wakil Rektor 1 bidang Akademik pada sambutannya menyampaikan “acara seminar nasional pendidikan matematika ini sangat tepat saat memperingati hari guru, sehingga dengan seminar nasional ini dengan tema ‘Mewujudkan Guru Matematika Yang Profesional Melalui Integrasi, Pengetahuan Isi Matematika Dengan Pengetahuan Pedagogik’ kita berharap kemuliaan jasa guru bisa kita tingkatkan dari apa yang ada sebelumnya karena apa yang dilakukan oleh guru itu memanusiakan manusia. InsyaAllah dengan seminar ini professional guru kita bisa menjadi lebih baik dan apa yang diharapkan kedepan bisa memberikan kepuasan kepada kita semua bangsa dan Negara ini”.

            Musdar Rusdi selaku salah seorang dari anggota panitia pelaksana sekaligus sekretaris umum HIMAPTIKA FKIP UNTAD mengatakan bahwa ‘kegiatan ini sangat bernilai positif karena disamping kita mendapatkan banyak ilmu dari pemateri kita bisa mempererat sillaturrahmi antarmahasiswa pendidikan matematika dan para alumni-alumni yang hadir dalam kegiatan ini’.

            Hal yang positif juga dikatakan oleh salah seorang peserta mahasiswa S1 yang dimintai tanggapan tentang kegiatan ini yakni Laila Isnaniyah, ia mengatakan bahwa “kegiatan ini sangat bermanfaat karena disini kita bisa menambah wawasan yang baik tentang pengetahuan isi matematika dan yang terpenting disini kita diajar agar bisa menjadi guru yang lebih professional ketika kita mengajar nanti tutupnya.(Nan).